business-cycle-consulting-logo

Panduan Sukses Bertransformasi Menjadi Remote-Company

Dipost oleh Bun Hin Ciong pada May 3, 2020

Krisis kesehatan global karena COVID-19 yang masih berlangsung sampai saat ini, membuat banyak tim menghadapi kenyataan baru. Mereka diminta bekerja dari rumah (remote) dan tidak yakin kapan dapat kembali ke kantor. Ada peningkatan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mengelola perusahaan dari jarak jauh dan bekerja remote atau bekerja dari rumah.

Jika perusahaan Anda berniat menerapkan praktik kerja jarak jauh atau mengharapkan peningkatan pada cakupan yang lebih luas dan tingkatan yang lebih tinggi. Artikel ini dapat membantu. Business Cycle Consulting juga dapat membantu dalam metode dan referensi yang dirancang untuk sebuah penerapan cepat bekerja remote untuk perusahaan anda, termasuk daftar periksa kesiapan, budaya, komunikasi, manajemen, dan teknis, panduan implementasi, jasa implementasi sistem dan manajemen perubahannya.

Agar tidak terlalu panjang artikel ini disusun menjadi beberapa bagian dan dapat menjadi pedoman atau panduan untuk dengan cepat berhasil membuat tenaga kerja jarak jauh Anda dapat bekerja dengan lancar dan efektif untuk kesuksesan jangka pendek dan jangka panjang.

Artikel ini memberikan panduan bagaimana para pemilik usaha, para leader perusahaan mencapai keberhasilan jangka pendek dan jangka Panjang dalam mentransformasi perusahaannya menjadi perusahaan yang bisa deklola dan dijalankan secara remote.

Bagi karyawan yang ingin sukses bekerja dari rumah akan ada beberapa tips yang dapat membantu terutama bagi mereka yang baru saja memulai bekerja dari rumah. Bagi Sebagian karyawan perubahan ini merupakan tantangan tersendiri, perlu panduan praktis dalam menemukan cara untuk menjaga fokus pada pekerjaan yang biasanya dilakukan di kantor sekarang harus dikerjakan dirumah dengan permasalahan tersendiri, keseimbangan waktu kerja dan keluarga, serta menghilangkan perasaan terasing dari rekan kerja yang lain.

Artikel ini meninjau proses bekerja secara remote dalam kerangka sebagai berikut:

  • Tantangan budaya, komunikasi, dan manajemen
  • Enabler atau prasyarat utama untuk bisa menjadi remote company
  • Tingkatan atau level kerja remote
  • Roadmap menuju perusahaan remote work
  • Manajemen perubahan dan rencana adopsi dari setiap komponen terkait.

Mengapa bekerja remote?

Ketika teknologi dan akses internet telah makin meningkat, lebih banyak tenaga kerja dunia memilih untuk bekerja dari mana saja. Laporan survey baru-baru ini mengungkapkan bahwa 86% responden percaya pekerjaan jarak jauh adalah pekerjaan masa depan. Saat ini, seperempat pengaturan kerja sudah dilakukan secara remote, di mana semua karyawan bekerja dari jarak jauh dan di zona waktu asalnya. Selain keuntungan atau benefit bagi karyawan seperti fleksibilitas dan waktu perjalanan menjadi nol, pengusaha perusahaan remote secara konsisten mengalami peningkatan produktivitas, efisiensi, dan moral karyawan. Selain itu dengan kondisi pandemic saat ini, kewajiban untuk bekerja dari rumah tidak akan berakhir dalam waktu dekat.

Bekerja remote bagi Sebagian perusahaan saat ini juga sudah menjadi praktek yang lazim dan menjadi kebutuhan. Setidaknya untuk sebagian waktu kerja dari para pengelola perusahaan pada level manajerial atau fungsi tertentu. Pada sebagian waktu kerja, mereka tidak berada di kantor (remote), terutama pada perusahaan yang memiliki beberapa kantor cabang di berbagai lokasi dan perusahaan multi nasional.

Apa tantangannya?

Mengaktifkan cara bekerja jarak jauh bukanlah "bisnis seperti biasa." Ada perbedaan kritis dalam mengelola karyawan bekerja di kantor dan yang bekerja jarak jauh, harus melukakukan penyesuaian dalam berkomunikasi, budaya dan manajemen. Untungnya, pekerjaan jarak jauh meningkat pesat dalam beberapa tahun sehingga sudah ada beberapa metode acuan untuk membuat pekerjaan jarak jauh menjadi sukses.

Sebagai contoh sederhana, Ketika bekerja di kantor seorang karyawan yang membutuhkan informasi atau otorisasi, dapat dengan mudah mendatangi atasannya, atau rekan kerja di ruangannya atau di balik ruangan lainnya. Hal ini tidak bisa demikian jika masing-masing diantara mereka berada jauh di rumah masing-masing atau di mana pun mereka berada.

Contoh lainnya terkait budaya perusahaan yang menilai kehadiran sebagai tolok ukur kerajinan dan prestasi, bos menilai karyawannya sebagai lebih berprestasi karena selalu melihat mereka ada di meja kerjanya, akan gamang atau cenderung menilai jelek jika karyawan tidak dalam jangkauan penglihatannya setiap saat. Karyawan yang tidak bekerja dari rumah atau tidak remote merasa mereka yang bekerja remote harus diberikan tanggung jawab lebih karena sudah memperoleh keuntungan tidak harus menghabiskan waktu dalam berangkat atau pualang kerja.

Kendala lain lagi adalah bagaimana output dari satu karyawan yang bekerja remote menjadi tersedia bagi karyawan lainnya untuk diproses lebih lanjut. Jika situasinya semua bekerja di satu kantor tentu cukup normal bila dokumen kerja tersebut diantarkan ke meja karyawan lainnya. Berbeda dengan ketika bekerja remote, harus tersedia aplikasi manajemen proses bisnis yang dapat dengan mudah mengakomodasi hal ini. Aplikasi sistem ERP seperti Odoo ERP salah satu contoh sarana yang dapat digunakan, tersedia dan terjangkau bagi semua perusahaan.

Apa Enabler untuk dapat mengaktifkan perusahaan menjadi remote company?

Bertransformasi menjadi perusahaan yang remote work, memerlukan enabler sebagai titik memulai, saya mengelompokkan enabler tersebut menjadi 3 hal yang utama:

Leadership

Faktor kepemimpinan merupakan factor vital. Kami di Business Cycle Consulting selalu yakin bahwa leadership atau kepemimpinan merubakan sebab untuk dapat terjadi atau terwujudnya apa pun dalam perusahaan, sedangkan yang lain muncul sebagai akibat.

Perubahan kecil sekalipun selalu membutuhkan sponsor kepemimpinan, dan transformasi menjadi perusahaan remote merupakan perubahan yang besar, keputusan dan dukungan top manajemen dan adanya leader yang ditugaskan dengan otoritas yang cukup untuk memimpin perubahan ini adalah suatu keharusan.

Corporate culture

Penyesuaian budaya perusahaan seperti core values atau nilai-nilai dasar yang harus dilakukan bilamana budaya perusahaan saat ini belum memadai untuk menumbuhkan terjadinya faktor keberhasilan dalam upaya transformasi, seperti manajemen menggunakan sistem. Pengertian sistem tentu saja salah satunya berisi prosedur tertulis untuk segala proses kerja dan proses bisnis di perusahaan.

Dokumentasi

Dalam bekerja remote handbook atau dokumentasi atas segala hal harus menjadi satu-satunya sumber kebenaran bagi siapa pun yang bekerja bagi perusahaan. Bagi perusahaan yang belum memiliki budaya mendokumentasi atau membuatnya menjadi tertulis hitam di atas putih, akan menjadi faktor terberat atau menjadi sebab kegagalan yang utama.

Peralatan

Peralatan harus dibuat minimal tetapi cukup untuk membuat segalanya berjalan.

Light-weight web based ERP system, untuk memfasilitasi manajemen proses bisnis dari mulai crm, sales, procurement, inventory, production, accounting, finance, payroll. Dapat diperluas jika proses bisnis tertentu memerlukannya.

Google docs, untuk kolaborasi komunikasi tertulis dimana semua orang terlibat dapat secara Bersama sama di waktu yang sama menuliskan informasi di halaman atau dokumen yang sama. Ini tentu sangat memudahkan dan mencegah tercecernya informasi di berbagai lokasi.

Aplikasi komunikasi untuk one-to-one chat, group chat, dan video conference seperti Lark, Slack, Zoom, atau webex atau yang lainnya. Silahkan cukup pilih salah satu saja yang paling dirasa cocok dan jangan berganti-ganti. Jangan terlalu banyak alat sejenis yg digunakan karena akan menimbulkan kerumitan dalam penggunaan, mempersulit integrasi data, kebingungan user, dan lain-lain.

Itulah enabler untuk memulainya. Untuk bagaimana memulai dan menerapkannya silahkan membaca beberapa artikel selanjutanya, antara lain:

  • Tingkatan remote dan sifat-sifatnya
  • Lima Hal untuk leader perusahaan memulai remote work
  • Lima hal yang perlu dilakukan untuk karyawan agar sukses bekerja remote
  • Komunikasi rendah konteks sebagai kunci sukses komunikasi remote
  • Mengelola bisnis dengan mudah dari mana saja dengan odoo ERP

Business Cycle Consulting (BCC) siap membantu perusahaan Anda yang ingin bertransformasi dengan sukses menjadi perusahaan yang dapat dikelola dari mana saja dengan karyawan yang bekerja dari mana saja. Silahkan hubungi kami dan dapatkan sesi konsultasi gratis.

Business Cyccle Consulting

Citra Raya Boulevard Blok X01 No. 27R Citra Raya Tangerang 15710.
Phone: 021-29239357

Tips Solusi Bisnis Dan ERP

Dapatkan trik dan strategi terbaik dalam buletin menarik. Daftarkan email Anda.
Copyright ©2022 BCC - Business Cycle Consulting
menu-circlecross-circle linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram